Desain Rumah Etnik Jawa Minimalis - Modern Minimalis

Aneka Model Desain Rumah Moderen Minimalis.

Desain Rumah Etnik Jawa Minimalis

Desain rumah minimalis saat ini adalah yang paling banyak diminati. Selain tidak memerlukan biaya yang besar, rumah minimalis juga tidak membutuhkan lahan yang cukup luas. Lahan yang sempit pun bisa digunakan untuk membangun rumah minimalis. Meski begitu, rumah minimalis tidak kalah dengan rumah mewah dari segi kenyamanan bagi penghuninya, hanya perlu penempatan yang tepat  untuk property yang digunakan sehingga menjadikannya seperti mewah.

Desain Rumah Etnik Jawa Minimalis

Salah satu desain baru yang muncul saat ini adalah paduan antara design rumah minimalis dengan design rumah jawa, Sehingga terciptalah desain rumah baru yaitu rumah etnik jawa minimalis. Anda mungkin berfikir sangat sulit untuk memadukan rumah jawa yang penuh ornament dengan rumah minimalis yang tanpa ornament. Tentu anda tidak perlu memasang seluruh ornament yang ada pada rumah etnik jawa. Anda hanya memerlukan sebagian ornament saja yang digunakan, karna itu bertentangan dengan konsep rumah minimalis ini.

Sebenarnya rumah etnik jawa memiliki ciri khas yang sama dengan rumah minimalis. Yang paling menonjol kesamaannya adalah dari penggunaan material dan warna. Rumah etnik jawa biasanya menggunakan bahan alami seperti kayu berkualitas tinggi dengan warna alaminya. Hal tersebut juga ada pada desain rumah minimalis yang juga menggunakan bahan yang alami.

Tahukah anda, dibalik penataan ruang dalam rumah etnik jawa itu ada makna spiritual yang dipercayai oleh masyarakat jawa, misalnya penggunaan empat tiang utama didalam ruang sebagai ciri khas pada rumah joglo akan menjamin kekokohan rumah. Banyak masyarakat yang bilang kalau rumah etnik jawa itu lebih kokoh dari rumah yang lain. Rumah etnik jawa lebih tahan terhadap goncangan gempa sering terjadi, khususnya di jawa tengah.

Rumah jawa lebih terkenal dengan penggunaan atap yang berbentuk semi piramida. Dengan penggunaan atap yang seperti ini akan memberikan nuansa etnis. Untuk menjadikannya minimalis anda perlu melakukan penyesuaian dengan cara menyederhanakan bentuknya atau mengurangi kemiringannya. Atap dengan bentuk seperti ini bisa mengalirkan air hujan secara sempurna sehingga perawatannya lebih mudah. Anda juga bisa menggunakan alternative lain untuk menjadikannya lebih sederhana dengan mengaplikasikan atap semi piramida sebagian saja.

Demikian pembahasan tentang desain rumah etnik jawa minimalis yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan bisa menjadi inspirasi bagi untuk menciptakan sesuatu yang baru seputar desain rumah.