Model Rumah Gadang - Modern Minimalis

Aneka Model Desain Rumah Moderen Minimalis.

Model Rumah Gadang

Model Rumah Gadang – Bangunan yang bernama rumah nampaknya memang tak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal yang akan melindungi kita dari segala macam bentuk panas dan hujan. Namun lebih dari itu, rumah merupakan salah satu bangunan yang memiliki beragam makna dibalik sejarah pembuatannya. Salah satu jenis bangunan rumah yang memiliki makna yang sangat mendalam adalah Rumah Gadang. Bahkan di balik pembuatan dan arsitektur Rumah Gadang terdapat kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat khususnya Sumatera Barat dan terlebih lagi dari Suku Minangkabau.


Rumah Gadang sesuai dengan artinya gadang yang berarti besar tentunya sudah dapat kita lihat secara langsung betapa setipa Rumah Gadang pastinya memiliki ukuran yang besar. Namun ternyata, dibalik kata gadang atau besar tersebut tak hanya melulu ukurannya namun lebih dari itu, fungsi Rumah Gadang memang memiliki kegunaan yang besar mulai dari tempat tinggal itu sendiri, sebagai tempat untuk melakukan berbagai musyawarah, untuk merawat keluarga, untuk melaksanakan kegiatan adat dan bahkan sebagai salah satu simbol eksekusi suatu kaum dalam nagari.

Melihat bentuk atapnya yang terlihat menyerupai tanduk, tentunya ada banyak makna dibalik arsitektur tersebut. Keunikan yang ada pada Rumah Gadang tersebut memang menjadikan Rumah Gadang sebagai salah satu bukti fisik adanya keberadaan suku minangkabau itu sendiri. Selain itu, juga keberadaan Rumah Gadang juga menjadi salah satu identitas dari karakterisktik dari Suku Minangkabau itu sendiri.

contoh gambar model rumah gadang


Taman Rumah Minimalis 1


Taman Rumah Minimalis 2

Taman Rumah Minimalis 3

Taman Rumah Minimalis 4

Taman Rumah Minimalis 5

Beralih ke bagian dalamnya, meski bentuk Rumah Gadang memang hanya berbentuk persegi panjang dengan pembagian ruang yang sangat sederhana, namun ternyata pengaturan tersebut memang memiliki makna yang sangat mendalam. Bahkan bangunan Rumah Gadang juga menyiratkan adanya penyesuaian dengan alam indonesia yang tropis. Bahkan seseorang yang masuk dan duduk ke dalam Rumah Gadang ini, juga memiliki tata cara tersendiri, termasuk bagaimana kita akan berbicara  serta bagaimana cara kita bersikap antara laki-laki dan perempuan. Melihat bagaimana berbagai makna tersirat yang ada di Rumah Gadang tentunya kita memahami betul bahwa rumah tak lagi hanya sekedar bangunan semata yang tak memiliki arti.